Thursday, March 31, 2016

Kloning

Pada tau ngga sih apa itu kloning? Kloning sendiri berasal dari kata “clone” kata dalam bahasa inggris yang mempunyai arti potongan yang berguna untuk menggandakan keturunan jasad hidup tanpa fertilasi.

Dibawah ini mimin ingin menjelaskan tentang salah satu jenis Klonning yaitu :

Klonning DNA rekombinan
Merupakan metode yang digunakan untuk membuat replika dari satu segmen DNA,
John Gurdon menjadi ilmuwan pertama yang berhasil mengkloning binatang. Membuat seekor kecebong sehat dari telur katak dengan DNA dari sel usus kecebong lain.

Namun, apa yang dilakukan China saat ini lebih luar biasa. Salah satu perusahaan yang berkembang pesat,  BGI membangun sebuah peternakan yang menjadi pusat kloning terbesar di dunia untuk mengkloning hewan khususnya babi. 


Pertenakan tersebut terdiri dari 2 baris yang diisi 90 ekor babi. Mereka terlihat normal, namun masing-masing dari mereka mengandung embrio kloning. Lainya merupakan hasil kloning. Hal ini sangat luar biasa, tempat ini menghasilkan 500 babi kloning dalam setahun.


Ruangan di sebelah kandang dibuat sebagai bangsal operasi. Babi-babi dibius, berbaring terlentang di meja operasi. Masker oksigen dipasang di atas moncong binatang tersebut. Lembaran plastik biru menutupi kaki-kakinya. 


Dua teknisi memasukkan alat operasi untuk mencari lokasi rahim babi, kemudian teknisi ketiga mengambil tabung kecil dalam kulkas berisi blastokista -- embrio tahap awal yang disiapkan di laboratorium. Lalu memasukkannya ke dalam lahir. 


Ruangan operasi tersebut tidak berpendingin ruangan, juga tidak bersih-bersih amat. Lalat berterbangan di kepala babi. 















"Yang terlintas dalam benak saya adalah, operasi seperti itu adalah kejadian rutin, bahkan kehadiran kru televisi asing tak membuat banyak perbedaan," demikian dilaporkan editor sains BBC, David Shukman.


Tim di peternakan tersebut bisa melakukan minimal 2 implantasi dalam sehari. Dengan tingkat kesuksesan 70-80 persen. 



Di ruangan lain, bayi-bayi babi terbaring terletak di dekat induknya untuk menyusu. Ada lampu khusus dinyalakan untuk menjaga ruangan tetap hangat. Sejumlah binatang di sana adalah kloning dari hewan kloning. Sebagian besar telah dimodifikasi secara genetik. 
Tau kan pengertian genetik? Genetik merupakan perkembangan gen berdasarkan aspek-aspeknya.


Tujuan utama dari kerja tersebut adalah menguji obat-obatan baru. Sebab, babi secara genetika mirip dengan manusia. Hewan itu bisa menjadi 'model' yang berguna. Dengan melakukan modifikasi genetikanya untuk memberi mereka sifat-sifat khusus bisa membantu mencapai tujuan tersebut. 


Sekumpulan babi kecil sengaja dihilangkan gen pertumbuhannya. Mereka berhenti tumbuh di usia 1 tahun.

Kloning `Buatan Tangan`


Di kantor pusat BGI, para ilmuwan duduk membungkuk di atas mikroskop. Itu adalah bagian dari inovasi BGI: mengganti mesin yang mahal dengan manusia atau menciptakan kloning buatan manusia -- lebih cepat dan lebih mudah. 


Ilmuwan yang bertanggung jawab,  Dr Yutao Du menceritakan teknik yang bikin tercengang dan mengagumkan.


"Kami bisa melakukan kloning dalam skala sangat besar," kata dia, seperti dimuat BBC, 14 Januari 2014. "Sebanyak 30-50 orang secara bersamaan melakukan kloning, jadi kami bisa membuat pabrik kloning di sini," kata ilmuwan perempuan itu. 























Dan ambisi BGI luar biasa 'gila'. Perusahaan itu tak hanya ingin menjadi yang terbesar sejagad dalam hal kloning babi. Tapi, berniat menjadi yang terbesar di muka Bumi dalam hal sekuensing DNA.

Nah itu tadi merupakan sedikit penjelasan dan contoh tentang Klonning.
Gimana brad? Sudah jelas kan arti dari klonning itu sendiri. Semoga bermanfaat ya. Apabila ada kurangnya mimin mohon maaf yang sebesar besarnya. 


No comments:

Post a Comment